Tips Mencegah Flashdisk Agar Tidak Mudah Rusak Dan Tahan Lama

Tips Mencegah Flashdisk Agar Tidak Mudah Rusak Dan Tahan Lama

Flashdisk tetap awet - Flashdisk memiliki manfaat yang banyak untuk memudahkan kinerja manusia. Manfaat dari flashdisk yang paling utama yaitu menyimpan file dan memindahkan berkas file dari perangkat komputer satu dengan yang lainnya. Flashdisk memiliki bentuk yang sangat kecil dan mudah dibawa kemanapun. Satu kelemahan dari flashdisk yaitu mudah rusak serta terkena virus. Bila sudah terkena virus maka, flashdisk tidak bisa digunakan.

Bila anda lebih memilih tetap menggunakan flashdisk yang sudah terkena virus maka, waspadalah bahwa data yang anda simpan bisa hilang kapanpun. Sangat rawan sekali menggunakan flashdisk yang terkena virus. Bahkan anda bisa menularkan pada perangkat komputer milik teman disekitar anda.

Solusi yang tepat yaitu mencegah flashdisk agar tetap awet dan terjaga dari virus. Bagaimana caranya menjaga flashdisk agar tidak mudah rusak? Dengan melakukan kegiatan sebagai berikut.

Menutup Saat Tidak Digunakan Agar Flashdisk tetap awet
Salah satu hal yang dapat menyebabkan flasdisk cepat rusak yaitu debu. Saat membeli flashdisk pasti dilengkapi dengan penutupnya. Jangan lupa untuk menutup kembali flashdisk yang selesai digunakan. Hal tersebut bertujuan untuk menghalangi debu yang masuk ke dalam flashdisk.

Eject Agar Flashdisk tetap awet Setelah Digunakan
Biasanya setelah menggunakan flasdisk selalu saja lupa untuk menekan eject terlebih dahulu. Padahal melakukan eject sangat penting sekali agar flashdisk tidak mudah rusak. Tujuan dilakukan eject yaitu agar data yang disimpan terhindar dari corrupt. Data yang hilang tidak bisa kembali, anda harus menghilangkan kebiasaan ini. Mulai sekarang bila flashdisk akan dicabut dari komputer maka, tekan eject terlebih dahulu.

Scan rutin Agar Flashdisk tetap awet
Scan bertujuan untuk membersihkan flashdisk dari virus. Melakukan scan sebaiknya dilakukan selama seminggu sekali agar semua file yang ada di dalam flashdisk tetap aman. Terlalu banyak melakukan scan juga tidak baik sehingga seminggu sekali saja sudah cukup. Anda bisa melakukan scan flashdisk pada perangkap komputer dan laptop. Scan hanya membutuhkan waktu beberapa menit kemudian selesai, cepat sekali bukan.

Flashdisk tetap awet Terhindar Dari Air
Sebaiknya flashdisk tidak diletakkan dekat air, seperti halnya laptop, smartphone dan benda elektronik lainnya bila terkena air akibatnya benda tersebut akan rusak. Ada beberapa flashdisk yang memang memiliki sifat waterproof. Agar tetap aman meski waterproof anda harus menghindarkan flashdisk dari air.

Menyimpan Flashdisk di tempat yang aman
Flashdisk akan cepat rusak bila diletakkan pada tempat yang memiliki medan magnet. Biasanya yang memiliki medan magnet yang sangat tinggi contohnya seperti TV, kulkas, Ponsel dan benda lainnya. Jangan meletakkan flashdisk berdekatan dengan benda tersebut. Pilih tempat yang terhindar dari medan magnet agar flashdisk tetap aman.

Flashdisk juga tidak boleh diletakkan pada tempat yang panas. Seperti panas dari sinar matahari, setrika dan lainnya. Flashdisk akan cepat rusak bila diletakkan pada tempat yang panas.

Flashdisk tetap awet Karena Penyimpanan Data Terkontrol
Semua orang biasanya menyimpan seluruh file dan tidak peduli dengan ukurannya. Semuanya dimasukkan ke dalam flashdisk hingga kapasitas memory flashdisk penuh dan hampir mencapai titik yang maksimal. Penyimpanan file yang besar tidak baik bagi flashdisk, bahkan hal tersebut akan memicu kerusakan pada flashdisk. Simpan saja file secukupnya dan juga bisa melakukan kompres file terlebih dahulu dengan menggunakan zip.

File yang sangat banyak juga membuat orang semakin malas untuk menghapus satu persatu. Biasanya dengan mudahnya seseorang akan melakukan format flashdisk. Melakukan format yang terlalu berlebihan juga tidak baik, sebaiknya hindari hal tersebut.

0 Response to "Tips Mencegah Flashdisk Agar Tidak Mudah Rusak Dan Tahan Lama"

Posting Komentar