Membuat Url Permalink SEO Friendly itu Mudah


Url Permalink SEO

Membuat Url Permalink SEO Friendly? Bagi sobat blogger expert pasti sudah sangat familiar dengan istilah tersebut. Tak hanya mendengar, kalian pasti juga sudah lama berkutat dengan poin penting dalam dunia perbloggingan itu. Bagi para pemula sekalipun, meskipun belum sepenuhnya paham tentu sudah pernah membaca tentang istilah permalink pada beberapa tutorial blogging yang tersebar di mesin pencari. Lalu, seberapa pentingkah peran url permalink untuk eksistensi sebuah blog ? dan bagaimana cara membuatnya agar SEO friendly ? Semoga artikel kali ini bisa sedikit membantu kalian dalam memecahkan permasalahan tersebut.

Sedikit mengulang penjelasan tentang apa itu url permalink. Permalink sendiri adalah sebuah singkatan dari Permanen Link. Istilah permalink sering digunakan untuk menyebut rangkaian URL pada sebuah blog atau web. Walaupun sebenarnya, jika dilihat dari segi kalimat dan arti bahasa permanen link harusnya mengacu pada sebuah tautan yang mengarah ke halaman blog baik posting maupun halaman statis. Namun, salah kaprah tersebut telah menjadi sebuah kebiasaan, hingga akhirnya sebutan permalink kini diartikan sebagai URL penunjuk. Contoh dari URL permalink ini bisa kalian seperti yang tertulis pada address bar.

Pentingnya Permalink Untuk Blog

Mengingat peran permalink sebagai url perujuk sebuah blog, tentu keberadaanya sangatlah penting dengan fungsinya yang seakan menjadi identitas blog tersebut. Sekian banyak blog/web yang bertebaran di dunia internet sangat jarang ditemui yang memiliki permalink sama, karena sebagai identitas, tentunya permalink haruslah unik dan berbeda dengan yang lainnya.

Selain menjadi identitas laman/postingan blog layaknya KTP, permalink juga memiliki fungsi penting untuk mendukung eksistensi sebuah blog di mesin pencari. Coba saja lihat gambar di bawah ini :

Url Permalink SEO 2

Pada mesin pencari seperti google, yahoo, dsb, permalink selalu diposisikan tepat dibawah judul artikel blog, dan akan muncul tanda blok ketika kata kunci yang dicari cocok dengan keyword yang terselip dalam URL permalink tersebut. Untuk itu, meskipun URL permalink haruslah unik dan berbeda dengan yang lain, namun sangat disarankan untuk tetap menerapkan fungsi SEO dalam pembuatannya.

Untuk panduan cara membuat url permalink yang SEO friendly, silahkan kalian bacca lanjutan artikel dibawah ini !

Menerapkan Tekni Permalink SEO Friendly
Pada setiap platform blog memiliki pola permalink yang berbeda-beda pada setiap situs-situsnya. Contohnya adalah url perujuk yang terdapat pada platform Blogspot/blogger. Platform yang banyak digunakan para blogger untuk membangun blog mapun situs pribadinya ini menarapkan system default untuk pola url permalinknya. Pola yang terdapat pada situs berplatform blogspot memiliki url permalink sebagai berikut :

https://NamaDomain/Tahun/Tanggal/KataKuci.

Berbeda jika kalian menggunakan wordpress untuk blog kalian. Wordpress yang dimaksud disini adalah Wordpress Self Hosting. Bagi yang belum mengerti apa perbedaan Wordpress dengan Wordpress Self Hosting, pada lain kesempatan akan kita bahas sama-sama di blog Dellenpedia.com. Pada Wordpress self hosting kalian bisa melakukan custom sendri sesuai dengan keinginan kalian dalam pembuatan url permalink ini. Menurut pengalaman dan statement para master blog, 2 pola diatas adalah pola permalink yang paling baik digunakan untuk menerapkan teknik SEO friendly pada permalink. Berikut ini lebih jelasnya !

POLA PERTAMA : Https://NamaDomain/Tahun/Tanggal/KataKuci

Seperti yang sudah kita bahas diatas, pola ini adalah pola default yang ada pada blog berplatform blogspot. Pola-pola seperti sangat bagus digunakan pada blog yang berisi konten yang selalu update, seperti blog berita, olahraga, diary, dll, karena struktur seperti ini memiliki kelebihan yaitu menampilkan identitas waktu ketika konten tersebut diposting. Untuk mengatur url permalink seperti diatas, silahkan kalian gunakan fitur Custom permalink yang ada di blogger.

POLA KEDUA : Http://NamaDomain/Keyword

Pola kedua ini hanya bisa digunakan oleh para blogger berplatform Wordpress (Self Hosted). Pola permalink seperti ini sangat cocok untuk blog berkonten tips & trik, kumpulan artikel kesehatan, dan jenis-jenis konten “Long Term” atau yang tak mudah basi seperti halnya konten berita, yang harus selalu update.

Nah, setelah kalian mengenal 2 pola diatas kini kalian sudah siap untuk membuat url permalink SEO friendly.

  1. Input keyword ke dalam url permalink
    Diatas sudah dijelaskan, posisi permalink yang selalu ditampilkan di bawah judul dalam indeks mesin pencari. Dengan demikian buatlah url permalink kalian dengan keyword yang mewakili judul dan isi konten kalian, tapi dengan kata-kata yang berbeda, jangan sama seperti judul. Gunakan long tail keyword pada url permalink postingan blog kalian.

  2. Jangan lebih dari 5 kata
    Url permalink yang terlalu pendek dengan hanya 1 atau 2 kata saja sangat tidak disarankan untuk dipakai. Begitu juga permalink yang terlalu panjang melebihi 5 kata, karena biasanya indeks mesin pencari akan membatasi munculnya rangkaian url permalink hanya untuk beberapa kata saja. Untuk itu lebih baik kalian membuat url permalink berisi 5 kata long tail keyword agar SEO friendly.

  3. Jangan pakai kata hubung dan tanda baca
    Penggunaan kata hubung dan tanda baca seperti ‘di’, ‘ke’, ‘dan’, ‘!’, ‘?’, dsb, sangat tidak baik digunakan untuk permalink. Mengingat fungsi permalink bukan untuk dibaca oleh para pengunjung blog, melainkan untuk identitas dan rul penunjuk yang mewakili isi blog dengan rangkaian kata mengandung keyword.
Sekian dari DellenPedia yang berjudul "Membuat Url Permalink SEO Friendly” Semoga bermanfaat bagi kita semua terimakasih.

0 Response to "Membuat Url Permalink SEO Friendly itu Mudah"

Posting Komentar