Mengenal apa itu XAMPP dan Penjelasan lengkap tentang XAMPP

XAMPP
XAMPP
Sebelum mengenal apa itu XAMPP saya akan membahas apa itu PHP. PHP merupakan bahasa pemrograman yang paling sering digunakan oleh programming web karena merupakan bahasa pemrograman OpenSource, sehingga para Programming tidak perlu membeli lisensi untuk membuat aplikasi web. Rasmus Lerdorf merupakan orang yang membuat PHP pada tahun 1995. Pada waktu itu, nama PHP adalah FI (Form Interpreted) yang merupakan sekumppulan script, digunakan untuk mengolah data form dari web. Pada perkembangan berikutnya, Rasmus akhirnya melepas kode sumber tersebut dan diberi nama PHP (Personal Home Page). Dengan berubahnya kode program menjadi OpenSource, maka banyak programing tertarik dalam mengembangkan PHP.

Rilis pertama PHP adalah PHP 2.0, pada bulan november 1997. Pada rilis ini interpreter sudah bisa diimplementasikan ke bahasa C. Di dalam versi ini sudah ditambahkan modul-modul ekstensi yang menyebabkan kemampuan PHP lebih baik. Pada tahunyang sama, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik dan lebih cepat. Sehingga pada bulan juni tahun 1998, perusahaan tersebut akhirnya merilis versi baru dari PHP dengan nama PHP 3.0 dan mengubah kepanjangan PHP menjadi Hypertext Preprocessor. Pertengahan tahun 1999, Zend merilis versi barunya dari PHP dan diberi nama PHP 4.0. PHP 4.0 merupakan versi PHP yang paling banyak dipakai oleh Programming karena bisa digunakan untuk membuat aplikasi web yang lebih kompleks tetapi memilik kecepatan proses dan stabilitas yang tinggi pada perkembangan berikutnya, Zend akhirnya merilis versi baru lagi dengan nama PHP 5.0 pada bulan juni 2014. Versi ini merupakan versi mutakhir dari PHP dan sudah menerapkan model pemrograman berorientasi objek yang merupakan model yang paling banyak dikembangkan di semua bahasa pemrograman. Kini PHP merilis versi baru yaitu PHP 5.6.4 pada tanggal 18 Desember 2014.

Untuk memulai pemrograman PHP, tidak cukup hanya dengan menginstal PHP saja, diperlukan beberapa perangkat lunak tambahan yang harus diinstal. Beberapa perangkat lunak tersebut saling ketergantungan satu sama lain, di antaranya:

Apache
1. Apache

Merupakan web server yang bersifat OpenSource yang digunakan oleh PHP, Sehingga bisa diambil, digunakan, bahkan bisa mengubah kode programnya tanpa harus membayar. Apache bertugas untuk menampilkan hasil proses script PHP yang ditulis oleh pembuat halam web, sehingga dihasilkan halaman web yang benar kepada peminta, dan dapat juga suatu database diakses terlebih dahulu misalnya MsSQL, untuk mendukung halaman web yang dihasilkan.


Apache
2. MySQL

Merupakan database server yang paling sering digunakan dalam pemrograman PHP. MySQL digunakan untuk menyimpan data di dalam database dan memanipulasi data-data yang diperlukan. Manipulasi data tersebut berupa menambah, mengubah dan menghapus data yang berada dalam database.



PHPMyAdmin
3. PHPMyAdmin

Dengan menggunakan MySQL, pengolahan database dilakukan dengan mengetikkan baris-baris perintah (misalnya menggunakan MySQL console) yang sesuai untuk keinginan tertentu. Jika kita ingin membuat database dan memanipulasi table, maka kita harus mengetikkan baris perintah yang sesuai. Hal di atas tersebut tentu cukup sulit dilakukan karena kita harus menghafal semua baris sintak dan harus mengetikkan satu-persatu baris sintak tersebut. Oleh Karena itu, diperlukan perangkat lunak tambahan yang disebut dengan PHPMyAdmin. Dengan PHPMyAdmin, pengelolaan atau manipulasi database jadi lebih mudah, karena tidak erlu menghafal sintaknya.

Untuk melakukan instalasi perangkan lunak Apache, PHP, MySQL, dan PHPMyAdmin tergantung Platform yang digunakan. Jika menggunakan Windows, maka harus dipilih distribusi perangkat lunak yang mendukung platform LINUX. Semua aplikasi di atas bisa diunggah gratis di situs resminya masing-masing, dan di dalam situs resminya sudah disediakan distribusi perangkat lunak untuk semua platform. Situs resminya dari aplikasi-aplikasi yang dijelaskan tersebut yaitu dibawah ini:
Untuk melakukan instalasi, semua perangkat lunak diatas bisa dilakukan dengan cara manual, yaitu dengan cara mengkopi file-file yang dibutuhkan, kemudian mengubah beberapa baris kode di file php.ini, httpd.conf, dan mysql.ini. Untuk cara di atas, bagi seorang pemula, pasti sangat membingungkan dan sangat sulit. Oleh karena itu, penulis menyarankan untuk menggunakan perangkat lunak XAMPP. XAMPP adalah perangkat lunak Opensource yang bisa diunggah secara gratis dan bisa dijalankan di semua sistem Operasi seperti Windows, Linux, Solaris, dan Mac dan XAMPP ini sendiri dibuat dan dikembangkan oleh Apache Friends Perangkat lunak tersebut berisi-kumpulan beberapa perangkat lunak yang dibutuhkan, antara lain PHP, Apache, MySQL, dan PHPMyAdmin. Dengan melakukan instalasi XAMPP tersebut, maka semua perangkat lunak yang dibutuhkan sudah otomatis terinstal di hardisk, termasuk pengaturan file-file yang diperlukan. XAMPP ini sendiri semakin waktu semakin berkembang, di mana setiap perubahan versi, dibuat lebih baik dan lebih lengkap dari versi sebelumnya.

Sekian dari DellenPedia yang berjudul “Mengenal Apa itu XAMPP dan Penjelasan lengkap tentang XAMPP” terimakasih.

0 Response to "Mengenal apa itu XAMPP dan Penjelasan lengkap tentang XAMPP"

Posting Komentar